MENGINTIP KEINDAHAN BUMI DI GOA GARUNGGANG

fb_img_1480870609065Goa Garunggang, yang terletak diantara perbatasan Kp. Parung Ponteng Ds. Tajur dan Babakan Madang adalah Potensi Wisata Alam yang dimiliki Kabupaten Bogor. Rasa Takjub pada sang Pencipta terbersit dalam benak kami saat itu. Setibanya di lokasi, hamparan batu yang membentuk seperti candi ini berada di area milik Perhutani seluas 7.500 meter persegi. Menurut Bah Ajum salah satu yang merawat sejak tahun 1987, dulunya tempat ini adalah lahan perkebunan. Yang secara alami terkuak didalamnya terdapat Goa dan hamparan batu batuan yang membentuk Seperti Candi dan garis Kontur yang berproses secara alami. Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kami untuk mengenal dan mengetahui sejarah yang ada didalamnya. Pada sesi “Ngopi” Ngobrol Pintar, mengingatkan kami pada perjalanan ilmiah yang pernah kami lakukan tepatnya ke Geopark Ciletuh Sukabumi. Mungkinkah ini adalah Geopark nya Kab. Bogor ? Tentunya perlu pengkajian yang mendalam.
fb_img_1480870871908fb_img_1480870895763
Geopark, adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya. Istilah Geopark merupakan singkatan dari “Geological Park” yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Taman Geologi atau taman bumi.

Di dalam konsep geopark, objek warisan geologi dan pengetahuan geologi berbagi dengan masyarakat umum. Unsur geologi dan bentang alam yang terpetakan diketahui memiliki hubungan dengan aspek lingkungan alam dan budaya.
Geopark merupakan warisan geologi yang mempunyai nilai ilmiah (pengetahuan), jarang memiliki pembanding ditempat lain (langka), serta mempunyai nilai estetika dalam berbagai skala. Nilai-nilai itu menyatu membentuk kawasan yang unik. Selain menjadi tempat kunjungan dan objek rekreasi alam-budaya, geopark juga berfungsi seebagai kawasan lindung dan sebagai situs pengembangan ilmu pengetahuan kebumian. (Sumber : Berbagai sumber)
fb_img_1480870758920
Ini adalah kisah lalu, perjalanan kami siang itu disela sela waktu luang kami sebagai Fasilitator KOTAKU tepat pukul 11.30 WIB. Kami yang tergabung dalam Komunitas Belajar DAMAR tiba di kampung yang berbatasan antara sukamakmur dan babakan madang. Tepatnya di KP. Parung Ponten Desa Tajur Kec.Citeureup. Mungkin Kp ini merupakan salah satu batas wilayah terluar Kecamatan Citeureup.  Ngopi” Ngobrol Pintar diLokasi salah satu Objek Wisata yang belum banyak orang ketahui. Perjalanan yang kami tempuh kurang lebih 1 jam dengan waktu normal sekitar 30 menit, mulai dari titik start dikediaman bapak Ikin. Dalam “Ngopi” kami banyak mendapat cerita dari Bah Ajum. Terimakasih kepada Bapak Arom dan Bapak Ikin yang telah menerima kehadiran kami dan masakan khas Parung Ponteng Sambal dan ikan Mas ditemani lalapan “Juara Pisan”. Mereka berdua adalah Para Relawan yang aktif di BKM Ds. Tajur. (dhm/dmr/XII/2016)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s